Minggu, 05 Januari 2014

"TUGAS SOFTSKILL (PERANAN PEMROSESAN KOMPUTER DALAM PEMECAHAN MASALAH)"

TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PERANAN PEMROSESAN KOMPUTER
DALAM PEMECAHAN MASALAH

 








NAMA            : ERLYNA SEPTIKAWATI
NPM               : 47211806
KELAS          : 3DA01


BAB I
PENDAHULUAN

Pada saat ini, komputer menjadi salah satu peralatan yang digunakan di berbagai aspek kegiatan manusia. Pada umumnya komputer digunakan sebagai alat bantu manusia untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, bergantung pada aspek aplikasinya.
Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Fungsi utama dari penggunaan komputer dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi adalah; mengambil data, memproses data dan mengeluarkan data yang telah diproses, pekerjaaan penting yang dilakukan komputer adalah :
1.      Transfer data
2.      Kalkulasi data
Dengan demikian maka fungsi komputer dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan.








BAB II
PEMBAHASAN

Sistem pengolahan data yang berbasis elektronik adalah serangkaian kegiatan dengan menggunakan komputer yang mengubah informasi yang masih mentah menjadi informasi yang sesuai dengan tujuannya. Rangkaian kegiatan tesebut terdiri dari proses pemasukan, penyimpanan, pengolahan, menghasilkan keluaran dan pengendalian.

Berdasarkan generasinya komputer terbagi menjadi empat masa, yaitu :
1.      Komputer Generasi Pertama (1946-1959)
2.      Komputer Generasi Kedua (1959-1964)
3.      Komputer Generasi Ketiga (1964-1970)
4.      Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang).

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia(brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

Manfaat yang akan diperoleh menajamen dari sistem pengolahan data elektronik adalah adanya fungsi pengumpulan data, fungsi manifulasi data yang berupa klsifikasi data, penyusunan data, transfer data, perhitungan data, dan pengikhtisaran data, fungsi penyimpanan data, dan persiapan laporan data.





FUNGSI UTAMA SISTEM OPERASI
1.      Manajemen proses, mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer.
2.      Manajemen sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem atau program aplikasi saat itu.
3.      Manajemen data, pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
TUJUAN UTAMA SISTEM OPERASI
1.      Mempermudah penggunaan sistem komputer terutama pemrogram.
2.      Memberikan layanan bagi program aplikasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer.
3.      Mengusahakan agar sumber daya sistem komputer digunakan secara efisien.  
PERANAN PENGOLAHAN DATA UNTUK PEMECAHAN MASALAH
Data yang di olah bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun, memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi para spesialis informasi dan pemakai dalam membuat sebuah keputusan-keputusan dalam penyelesaian nya.
PERANAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Menurut Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
·         Hubungan Interaktif : Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih. Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat terhadap media.
·         Pengulangan : Pengguna komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti musik, video, atau microsoft office.
PERANAN KOMPUTER SECARA UMUM
1.      Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
2.      Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
3.      Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
4.      Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
PERANAN PERALATAN INPUT, OUTPUT DAN PERANGKAT LUNAK DALAM PEMECAHAN MASALAH
Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
PERANAN DATABASE DAN DBMS DALAM PEMECAHAN MASALAH
Database terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun, memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi para spesialis informasi dan pemakai.





BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Ada berbagai macam variasi pembelajaran dengan menggunakan komputer. Tujuan pembelajaran ini adalah pemanfaatan teknologi dalam hal belajar dan mengajar. Komputer dapat menjadi asisten atau alat yang sangat berguna apabila si pengajar tahu fungsi dan kegunaan komputer.
Oleh karena itu amat disarankan kepada para pengajar untuk mempelajari fungsi komputer sehingga pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan komputer dapat diselenggarakan secara optimal.

DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar