SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
PERANAN
PEMROSESAN KOMPUTER
DALAM
PEMECAHAN MASALAH
NAMA : ERLYNA SEPTIKAWATI
NPM : 47211806
KELAS : 3DA01
PENDAHULUAN
Pada
saat ini, komputer menjadi salah satu peralatan yang digunakan di berbagai aspek
kegiatan manusia. Pada umumnya komputer digunakan sebagai alat bantu manusia
untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, bergantung pada aspek aplikasinya.
Komputer
adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil
pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi,
faksimile, dsb) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit
penyimpanan serta unit pengontrolan (Kamus Besar Bahasa Indonesia).
Fungsi
utama dari penggunaan komputer dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi
adalah; mengambil data, memproses data dan mengeluarkan data yang telah
diproses, pekerjaaan penting yang dilakukan komputer adalah :
1. Transfer
data
2. Kalkulasi
data
Dengan demikian
maka fungsi komputer dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan.
BAB II
PEMBAHASAN
Sistem pengolahan data yang
berbasis elektronik adalah serangkaian kegiatan dengan menggunakan komputer
yang mengubah informasi yang masih mentah menjadi informasi yang sesuai dengan
tujuannya. Rangkaian kegiatan tesebut terdiri dari proses pemasukan, penyimpanan,
pengolahan, menghasilkan keluaran dan pengendalian.
Berdasarkan generasinya komputer terbagi menjadi
empat masa, yaitu :
1. Komputer
Generasi Pertama (1946-1959)
2. Komputer
Generasi Kedua (1959-1964)
3. Komputer
Generasi Ketiga (1964-1970)
4. Komputer
Generasi Keempat (1979-sekarang).
Untuk mewujudkan konsepsi komputer
sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan
sistem komputer yang elemennya terdiri dari hardware, software dan brainware.
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk
kesatuan. Hardware tidak akan berfungsi apabila tanpa software, demikian juga
sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia(brainware)
yang mengoperasikan dan mengendalikannya.
Manfaat yang akan diperoleh
menajamen dari sistem pengolahan data elektronik adalah adanya fungsi
pengumpulan data, fungsi manifulasi data yang berupa klsifikasi data,
penyusunan data, transfer data, perhitungan data, dan pengikhtisaran data,
fungsi penyimpanan data, dan persiapan laporan data.
FUNGSI UTAMA SISTEM OPERASI
1. Manajemen
proses, mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer.
2. Manajemen
sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam
sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem atau program aplikasi saat
itu.
3. Manajemen
data, pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal
pengalokasian dalam piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
TUJUAN UTAMA SISTEM OPERASI
1. Mempermudah
penggunaan sistem komputer terutama pemrogram.
2. Memberikan
layanan bagi program aplikasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer.
3. Mengusahakan
agar sumber daya sistem komputer digunakan secara efisien.
PERANAN PENGOLAHAN DATA UNTUK PEMECAHAN
MASALAH
Data
yang di olah bukanlah prasyarat mutlak untuk pemecahan masalah. Namun,
memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai suatu sistem informasi para
spesialis informasi dan pemakai dalam membuat sebuah keputusan-keputusan dalam
penyelesaian nya.
PERANAN KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN
Menurut
Gagne dan Briggs dalam Rosenberg (2000), komputer dapat digunakan sebagai media
pembelajaran karena memiliki kelebihan dari media pembelajaran yang lain dan
memiliki fungsi antara lain sebagai berikut :
·
Hubungan Interaktif :
Komputer dapat menjembatani hubungan komunikasi antara dua orang atau lebih.
Komputer dapat memunculkan ide-ide atau wacana baru dan meningkatkan minat
terhadap media.
·
Pengulangan : Pengguna
komputer terutama mahasiswa atau dosen dan guru dapat mengulang materi atau
bahan ajar dengan metode yang menarik yang telah disediakan komputer seperti
musik, video, atau microsoft office.
PERANAN KOMPUTER SECARA UMUM
1. Komputer
dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
2. Dengan
komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang
disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
3. Dapat
memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar.
4. Program
komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis,
sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal
dikerjakan.
PERANAN
PERALATAN INPUT, OUTPUT DAN PERANGKAT LUNAK DALAM PEMECAHAN MASALAH
Semua alat
input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara
langsung dan tidak langsung. Contoh: keyboard , display, printer dan plotter
(berperan langsung), source data automation device, microfilm (berperan tidak
langsung). Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan
langsung atau tidak langsung. Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung),
aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat
lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak
langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek
(berperan langsung).
PERANAN
DATABASE DAN DBMS DALAM PEMECAHAN MASALAH
Database terkomputerisasi maupun DBMS bukanlah prasyarat mutlak untuk
pemecahan masalah. Namun, memberikan dasar-dasar penggunaan komputer sebagai
suatu sistem informasi para spesialis informasi dan pemakai.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Ada
berbagai macam variasi pembelajaran dengan menggunakan komputer. Tujuan pembelajaran
ini adalah pemanfaatan teknologi dalam hal belajar dan mengajar. Komputer dapat
menjadi asisten atau alat yang sangat berguna apabila si pengajar tahu fungsi
dan kegunaan komputer.
Oleh
karena itu amat disarankan kepada para pengajar untuk mempelajari fungsi
komputer sehingga pembuatan media pembelajaran dengan menggunakan komputer
dapat diselenggarakan secara optimal.
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar