Sabtu, 29 Juni 2013

TUGAS KEWIRAUSAHAAN (13 PERTANYAAN SUKSES WIRAUSAHA)

13 PERTANYAAN TENTANG RUDY HADISWARNO

1.      Kapan dia mulai usaha ? Dimana ? Dan apakah dengan usaha yang sama ?
Rudy Hardiswarno memulai belajar rambut di Jakarta pada 1967. Selepas SMA sambil menunggu waktu kuliah. Ia pakai waktu kosong itu untuk belajar rambut. Ia menyadari kondisi ekonomi yang cukup menyulitkan setelah Gestapu itu sehingga untuk biaya kuliah ia harus cari tambahan karena orang tua nggak mampu membayar penuh.
Orang tua memutuskan pindah ke Jakarta pada 1963 untuk melanjutkan pendidikan anak-anak berhubung di Pekalongan saat itu tidak ada SMA. Namun yang namanya baru pindah ke kota besar ditambah lagi ada Gestapu pada 1965, usaha orang tua mengalami kesulitan. Itulah sebabnya saya harus mencari pekerjaan.
Kenapa rambut? Karena usaha itu sudah pernah dijalankan orang tua saya sejak dari Pekalongan. Namun ibu nggak buka salon di Jakarta waktu itu karena kondisi tidak memungkinkan. Oleh karena itu, saya kemudian belajar salon pada 1967 dan pada 1968 saya mulai buka salon di rumah.
2.      Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri ?
Bisa dikatakan iya bisa dikatakan tidak, Karena kenapa ? Orang tua Rudy pernah menjalani tata rambut itu dan membuka salon, Lalu Rudy terinspirasi oleh orang tuanya dan akhirnya dia membuka salon sendiri. Rudy mulai dari membuka salon di rumahnya sendiri pada 1968 dengan satu meja dan satu kursi. Waktu itu belum pakai merek karena letaknya di gang buntu. Semua bermula dari ruang tamu orang tua dan menggunakan meja rias orang tua. Untuk mencuci rambut masih memakai kaleng di depan kamar mandi. Jadi dimulai dengan sangat sederhana.
Setelah berunding dengan keluarga, jadi diputuskan agar Rudy berhenti kuliah dulu, kemudian berkonsentrasi ke usaha salon. Itu terjadi pada 1971. Pada tahun itu, saya sudah bisa menabung dan saya memutuskan untuk berangkat ke Eropa untuk belajar di London dan Prancis 6 bulan lamanya.
3.      Sumber modal awal dari usahanya adalah ? Menggunakan dana sendiri atau dana dari luar ? Jika memakai dana, berapa jumlahnya ?
Dulu ketika masih tahun 1968 Rudy tidak mengeluarkan modal, karna dia memakai alat – alat salon milik orang tuanya. Setelah pulang dari luar negri, belakangan Rudy membuka cabang kedua di Hotel Mandarin. Itu sekitar 1980-an. Di situ Rudy mulai berkenalan dengan bank karena waktu itu buka cabang lagi. Rudy meminjam dana dari bank. Pinjaman pertama tidak banyak, waktu itu Rp100 juta. Pinjaman pertama dari BCA untuk buka dua salon. Waktu itu, Rudy hanya punya satu brand, yakni Rudy Hadisuwarno. Rudy pakai brand itu seiring dengan perubahan segmen.


4.      Dimana dia pada saat awal memasarkan produknya ?
Pertama kali berwirausaha dia menggunakan jasanya dengan membuka salon. Lalu setelah pulang dari pendidikan diluar saalon, ia menciptakan berbagai Hair Tonic, Hair Growth  dan Vitamin rambut yang bagus. Produk itu dipasarkan didalam salonnya sendiri, dari mulut ke mulut dan ia juga mencoba menawarkan ke kalangan atas.
5.      Apakah dengan produk yang sama ?
Rudy tidak hanya dikenal sebagai penata rambut profesional, tetapi juga sebagai pengajar sekaligus pengelola jaringan lembaga pendidikan tata rambut dan wajah serta training center yang tersebar di seluruh Indonesia, bridal, spa dan merk produk kosmetika rambut.  Berkat kerja keras, kegigihan dan keinginannya untuk terus berkembang, Rudy Hadisuwarno memperoleh reputasi sebagai salah satu maestro di dunia tata rambut, tidak hanya dalam skala nasional tetapi juga internaional. Bahkan sejak tahun 1998 hingga kini, namanya tercatat dalam buku : “Who’s Who in the World” sebagai salah satu dari sekian nama orang-orang yang terkemuka dan berhasil di bidangnya masing-masing.
6.      Siapa pemilik perusahaan itu pada saat awal & sekarang ?
Pemilik usaha nya dari awal hingga kini tetap Rudy Hardiswarno.
7.      Apa bentuk kepemilikannya ? (Jadi PT atau warung)
Rudy Hardiswarno kini telah menjadi PT. Karena semakin banyaknya orang yang ia didik dan ia rekrut, dan semakin banyaknya juga cabang yang telah ia buka kurang lebih sekitar 130 cabang.

8.      Berapa tenaga kerja yang diperkerjakan pada saat awal & saat ini ?
Pada saat awal buka salon di Jakarta lalu tidak merekrut tenaga kerja, hanya perlu mengandalkan tenaga/ jasa sendiri. Tetapi kini tenaga kerja yang ia pekerjakan sudah tidak terhingga banyaknya.
9.      Apakah ada system manajemen tertentu yang diterapkan pada saat sekarang ?
Pada system manajemen ini, Rudy salon menawarkan dengan cara waralaba yang menjanjikan return 25% lebih tinggi dibanding investasi di portofolio lain. Dalam hal ini, dijanjikan, pemilik modal tinggal menerima revenue sharing, sementara untuk kegiatan operasional harian, pihak pemberi franchise yang turun tangan.
 Rudy Hadisuwarno sendiri sebelumnya telah memiliki tiga merek salon yakni Salon Rudy, Salon Brown dan Salon Hadisuwarno (eksklusif). Salon Rudy (20 gerai) dan Salon Brown (15 gerai) mengambil segmen menengah-atas. Lokasi pun disesuaikan dengan target pasar yang dituju yakni di mal-mal seperti Mal Cinere, Plaza Blok M, ITC Mangga Dua, Mal Artha Gading, Mal Cirebon, Supermal Pakuwon Indah.

10.  Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau coordinator dalam usaha tersebut ? Bagaimana cara penunjukaan coordinator tersebut ?
Tidak ada pemilihan ketua & koordinasi dalam usaha tersebut, Organisasinya terbentuk dengan sendirinya.
11.  Apakah ada prestasi yang dicapai saat usaha tersebut ?
  • Anggota Intercoiffure Mondial, sebuah perhimpunan para ahli penata rambut dunia yang berpusat di Paris–Perancis (1977-sekarang)
  • Penghargaan sebagai Pengembang Bidang Profesi dari Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef (1979)
  • Menerima “Medaille de Chevalier de la Chevalerie Intercoiffure Mondial” sebuah penghargaan dan penghormatan, atas segala prestasinya dalam dunia tata rambut pada "Intercoiffure World Congress" dari ICD Mondial, di New York, Amerika Serikat (1980)
  • President of Intercoiffure Mondial Indonesia (1981-sekarang)
  • Salah satu dari sembilan pendiri “Guillaume Foundation” yang antara lain memiliki dan mengelola museum tata rambut pertama dunia yang berlokasi di Paris. Dimana lembaga tersebut memiliki program untuk mengentaskan kemiskinan dengan memberikan pelatihan di bidang tata rias rambut kepada anak-anak tidak mampu di seluruh dunia. Serta menyelenggarakan program untuk memberikan kesempatan bagi para hairdresser muda agar memiliki pengalaman internasional (1982)
  • Penghargaan dari pemerintah melalui Menteri Pendidikan & Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto (1984)
  • Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia, Soeharto (1984)
  • Vice chairman Persatuan Ahli Tata Kecantikan Kulit dan Rambut Indonesia, “Tiara Kusuma” (1992-sekarang)
  • Menerima World Master of The Craft Award dari A&FG World Master Academy of Fashion Arts & Sciences di fashion institute technology theater di kota New York (1997)
  • Nama Rudy Hadisuwarno tercatat dalam buku “Who’s who in The World” yang diterbitkan di Amerika sebagai salah satu dari sekian nama orang-orang terkemuka dan berhasil di bidangnya dalam skala internasional (1998-sekarang)
  • Penghargaan "Personality of The Year" dari Intercoifure Mondial Paris (2002)
  • Penghargaan the OFFICER Award of the Ordre de la Chevalerie pada kongress ICD di tokyo, ini merupakan penghargaan yang istimewa dari Intercoifurre Mondial (2004)
  • Presiden OMC (Organisation Mondialle Coiffure) mewakili Indonesia (2005-2008)
  • penghargaan “Competency Award 2008” dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Moch. Yusuf Kalla (2008)

Karya

  • Autobiografi Rudy Hadisuwarno, Rambut dan Bisnis Gaya Hidup yang mengisahkan perjalanan karier Sang Maestro (Desember 1997)
  • Gaya Rambut Anak (2004)
  • Cara Mencegah Kebotakan: Kiat Memiliki Rambut Bagus (2006)
  • Book of Style sebagai buku koleksi tren tata rambut secara regular setiap tahunnya sejak 2002 hingga sekarang

12.  Menurut anda, Apakah usaha itu sukses ? Gunakan 7 aspek kelayakan usaha!
Menurut saya usaha ini sudah sukses, karena sudah memenuhi aspek kelayakan.
·         Aspek hukum
v  Kelengkapan dan keabsahan dokumen perusahaan (bentuk badan usaha, ijin-ijin)
v  TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
v  NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
v  Bukti diri (KTP; SIM)
·         Aspek pasar dan pemasaran
v  Ada tidaknya pasar (konsumen, calon pembeli)
v  Strategi yang dilakukan dalam memenangkan persaingan
v  strategi produk
v  strategi lokasi
v  strategi promosi
·         Aspek keuangan
v  Jumlah investasi
v  Biaya-biaya
v  Pendapatan
·         Aspek teknis/operasi
v  Lokasi usaha
v  Layout gedung, mesin, peralatan sudah memadai
·         Aspek manajemen/organisasi
v  Pemilik usaha (jumlah dan komposisi modal)
v  Pengelola usaha (jumlah, kualifikasi, pendidikan, pengalaman)
v  Struktur organisasi dan jabatan
v  Rencana kerja (target, sasaran, tujuan)
·         Aspek ekonomi social
v  Seberapa besar pengaruh yang ditimbulkan dalam melaksanakan usaha terhadap ekonomi dan masyarakat
·         Aspek dampak lingkungan
v  Terhadap tanah, air, udara, dan kesehatan  manusia

13.  Menurut anda, Dia akan bertahan lama & berkembang ? Jelaskan alasannya!
Menurut saya akan berjalan lama & bisa berkembang dengan bagus. Selain dia mempunyai ahli yang sangat bagus, Produk-produknya juga sudah terkenal sampai kekalangan artis papan atas.



2 komentar:

  1. thanks sista... ini bermanfaat banget... sista my hero today.. ^^ thanks....

    BalasHapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus