13
PERTANYAAN TENTANG RUDY HADISWARNO
1. Kapan dia mulai usaha ?
Dimana ? Dan apakah dengan usaha yang sama ?
Rudy
Hardiswarno memulai belajar rambut di Jakarta pada 1967. Selepas SMA
sambil menunggu waktu kuliah. Ia pakai waktu
kosong itu untuk belajar rambut. Ia menyadari kondisi ekonomi yang cukup menyulitkan setelah Gestapu itu
sehingga untuk biaya kuliah ia harus cari tambahan karena orang tua nggak mampu membayar penuh.
Orang tua memutuskan pindah ke Jakarta pada 1963 untuk
melanjutkan pendidikan anak-anak berhubung di Pekalongan saat itu tidak ada
SMA. Namun yang namanya baru pindah ke kota besar ditambah lagi ada Gestapu
pada 1965, usaha orang tua mengalami kesulitan. Itulah sebabnya saya harus
mencari pekerjaan.
Kenapa rambut? Karena usaha itu sudah pernah dijalankan
orang tua saya sejak dari Pekalongan. Namun ibu nggak buka salon di Jakarta
waktu itu karena kondisi tidak memungkinkan. Oleh karena itu, saya kemudian
belajar salon pada 1967 dan pada 1968 saya mulai buka salon di rumah.
2. Apakah dia mengembangkan usahanya
sebagai usaha mandiri ?
Bisa
dikatakan iya bisa dikatakan tidak, Karena kenapa ? Orang tua Rudy pernah
menjalani tata rambut itu dan membuka salon, Lalu Rudy terinspirasi oleh orang
tuanya dan akhirnya dia membuka salon sendiri. Rudy mulai dari membuka salon di rumahnya sendiri pada 1968 dengan
satu meja dan satu kursi. Waktu itu belum pakai merek karena letaknya di gang
buntu. Semua bermula dari ruang tamu orang tua dan menggunakan meja rias orang
tua. Untuk mencuci rambut masih memakai kaleng di depan kamar mandi. Jadi
dimulai dengan sangat sederhana.
Setelah berunding dengan keluarga, jadi diputuskan agar Rudy berhenti kuliah dulu, kemudian berkonsentrasi ke usaha salon. Itu terjadi pada 1971. Pada
tahun itu, saya sudah bisa menabung dan saya memutuskan untuk berangkat ke
Eropa untuk belajar di London dan Prancis 6 bulan lamanya.
3. Sumber modal awal dari usahanya adalah
? Menggunakan dana sendiri atau dana dari luar ? Jika memakai dana, berapa
jumlahnya ?
Dulu
ketika masih tahun 1968 Rudy tidak mengeluarkan modal, karna dia memakai alat –
alat salon milik orang tuanya. Setelah pulang dari luar negri, belakangan Rudy membuka cabang kedua
di Hotel Mandarin. Itu sekitar 1980-an. Di situ Rudy mulai berkenalan
dengan bank karena waktu itu buka cabang lagi. Rudy meminjam dana dari bank. Pinjaman pertama tidak banyak, waktu itu Rp100 juta. Pinjaman pertama dari
BCA untuk buka dua salon. Waktu itu, Rudy hanya punya satu brand, yakni Rudy Hadisuwarno. Rudy pakai brand itu
seiring dengan perubahan segmen.
4. Dimana dia pada saat awal memasarkan
produknya ?
Pertama
kali berwirausaha dia menggunakan jasanya dengan membuka salon. Lalu setelah
pulang dari pendidikan diluar saalon, ia menciptakan berbagai Hair Tonic, Hair
Growth dan Vitamin rambut yang bagus.
Produk itu dipasarkan didalam salonnya sendiri, dari mulut ke mulut dan ia juga
mencoba menawarkan ke kalangan atas.
5. Apakah dengan produk yang sama ?
Rudy tidak hanya dikenal sebagai
penata rambut profesional, tetapi juga sebagai pengajar sekaligus pengelola jaringan
lembaga pendidikan tata rambut dan wajah serta training
center yang tersebar di seluruh Indonesia, bridal, spa dan merk
produk kosmetika rambut. Berkat kerja
keras, kegigihan dan keinginannya untuk terus berkembang, Rudy Hadisuwarno
memperoleh reputasi sebagai salah satu maestro di dunia tata rambut, tidak
hanya dalam skala nasional tetapi juga internaional. Bahkan sejak tahun 1998
hingga kini, namanya tercatat dalam buku : “Who’s Who in the World”
sebagai salah satu dari sekian nama orang-orang yang terkemuka dan berhasil di
bidangnya masing-masing.
6. Siapa pemilik perusahaan itu pada saat
awal & sekarang ?
Pemilik
usaha nya dari awal hingga kini tetap Rudy Hardiswarno.
7. Apa bentuk kepemilikannya ? (Jadi PT
atau warung)
Rudy
Hardiswarno kini telah menjadi PT. Karena semakin banyaknya orang yang ia didik
dan ia rekrut, dan semakin banyaknya juga cabang yang telah ia buka kurang
lebih sekitar 130 cabang.
8. Berapa tenaga kerja yang diperkerjakan
pada saat awal & saat ini ?
Pada
saat awal buka salon di Jakarta lalu tidak merekrut tenaga kerja, hanya perlu
mengandalkan tenaga/ jasa sendiri. Tetapi kini tenaga kerja yang ia pekerjakan
sudah tidak terhingga banyaknya.
9. Apakah ada system manajemen tertentu
yang diterapkan pada saat sekarang ?
Pada
system manajemen ini, Rudy salon menawarkan dengan cara waralaba yang
menjanjikan return 25% lebih tinggi dibanding investasi di portofolio lain.
Dalam hal ini, dijanjikan, pemilik modal tinggal menerima revenue sharing,
sementara untuk kegiatan operasional harian, pihak pemberi franchise yang turun
tangan.
Rudy Hadisuwarno sendiri sebelumnya telah
memiliki tiga merek salon yakni Salon Rudy, Salon Brown dan Salon Hadisuwarno
(eksklusif). Salon Rudy (20 gerai) dan Salon Brown (15 gerai) mengambil segmen
menengah-atas. Lokasi pun disesuaikan dengan target pasar yang dituju yakni di
mal-mal seperti Mal Cinere, Plaza Blok M, ITC Mangga Dua, Mal Artha Gading, Mal
Cirebon, Supermal Pakuwon Indah.
10. Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai
ketua atau coordinator dalam usaha tersebut ? Bagaimana cara penunjukaan
coordinator tersebut ?
Tidak
ada pemilihan ketua & koordinasi dalam usaha tersebut, Organisasinya
terbentuk dengan sendirinya.
11. Apakah ada prestasi yang dicapai saat
usaha tersebut ?
- Anggota Intercoiffure Mondial, sebuah perhimpunan para ahli penata rambut dunia yang berpusat di
Paris–Perancis (1977-sekarang)
- Penghargaan sebagai Pengembang Bidang Profesi dari Menteri Pendidikan
& Kebudayaan, Dr. Daoed Joesoef (1979)
- Menerima “Medaille de Chevalier de la Chevalerie Intercoiffure
Mondial” sebuah penghargaan dan penghormatan, atas segala prestasinya
dalam dunia tata rambut pada "Intercoiffure World Congress" dari
ICD Mondial, di New York, Amerika Serikat (1980)
- President of Intercoiffure Mondial Indonesia (1981-sekarang)
- Salah satu dari sembilan pendiri “Guillaume Foundation” yang antara
lain memiliki dan mengelola museum tata rambut pertama dunia yang
berlokasi di Paris. Dimana lembaga tersebut memiliki program untuk mengentaskan
kemiskinan dengan memberikan pelatihan di bidang tata rias rambut kepada
anak-anak tidak mampu di seluruh dunia. Serta menyelenggarakan program
untuk memberikan kesempatan bagi para hairdresser muda agar memiliki
pengalaman internasional (1982)
- Penghargaan dari pemerintah melalui Menteri Pendidikan &
Kebudayaan, Prof. Dr. Nugroho Notosusanto (1984)
- Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden Republik
Indonesia, Soeharto (1984)
- Vice chairman Persatuan Ahli Tata Kecantikan Kulit dan Rambut
Indonesia, “Tiara Kusuma” (1992-sekarang)
- Menerima World Master of The Craft Award dari A&FG World Master
Academy of Fashion Arts & Sciences di fashion institute technology
theater di kota New York (1997)
- Nama Rudy Hadisuwarno tercatat dalam buku “Who’s who in The World”
yang diterbitkan di Amerika sebagai salah satu dari sekian nama
orang-orang terkemuka dan berhasil di bidangnya dalam skala internasional
(1998-sekarang)
- Penghargaan "Personality of The Year" dari Intercoifure Mondial Paris (2002)
- Penghargaan the OFFICER Award of the Ordre de la Chevalerie pada
kongress ICD di tokyo, ini merupakan penghargaan yang istimewa dari Intercoifurre Mondial (2004)
- Presiden OMC (Organisation Mondialle Coiffure) mewakili Indonesia
(2005-2008)
- penghargaan “Competency Award 2008” dari BNSP (Badan Nasional
Sertifikasi Profesi) dari Wakil Presiden Republik Indonesia, Moch. Yusuf
Kalla (2008)
Karya
- Autobiografi Rudy Hadisuwarno, Rambut
dan Bisnis Gaya Hidup yang mengisahkan perjalanan karier Sang
Maestro (Desember 1997)
- Gaya Rambut Anak
(2004)
- Cara Mencegah Kebotakan: Kiat Memiliki
Rambut Bagus (2006)
- Book of Style
sebagai buku koleksi tren tata rambut secara regular setiap tahunnya sejak
2002 hingga sekarang
12. Menurut anda, Apakah usaha itu sukses ?
Gunakan 7 aspek kelayakan usaha!
Menurut
saya usaha ini sudah sukses, karena sudah memenuhi aspek kelayakan.
·
Aspek
hukum
v Kelengkapan dan keabsahan dokumen
perusahaan (bentuk badan usaha, ijin-ijin)
v TDP (Tanda Daftar Perusahaan)
v NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
v Bukti diri (KTP; SIM)
·
Aspek
pasar dan pemasaran
v Ada tidaknya pasar (konsumen, calon pembeli)
v Strategi yang dilakukan dalam
memenangkan persaingan
v strategi produk
v strategi lokasi
v strategi promosi
·
Aspek
keuangan
v
Jumlah
investasi
v
Biaya-biaya
v
Pendapatan
·
Aspek
teknis/operasi
v
Lokasi
usaha
v
Layout
gedung, mesin, peralatan sudah memadai
·
Aspek
manajemen/organisasi
v
Pemilik
usaha (jumlah dan komposisi modal)
v
Pengelola
usaha (jumlah, kualifikasi, pendidikan, pengalaman)
v
Struktur
organisasi dan jabatan
v
Rencana
kerja (target, sasaran, tujuan)
·
Aspek
ekonomi social
v
Seberapa
besar pengaruh yang ditimbulkan dalam melaksanakan usaha terhadap ekonomi dan
masyarakat
·
Aspek
dampak lingkungan
v
Terhadap
tanah, air, udara, dan kesehatan manusia
13. Menurut anda, Dia akan bertahan lama
& berkembang ? Jelaskan alasannya!
Menurut
saya akan berjalan lama & bisa berkembang dengan bagus. Selain dia
mempunyai ahli yang sangat bagus, Produk-produknya juga sudah terkenal sampai
kekalangan artis papan atas.
thanks sista... ini bermanfaat banget... sista my hero today.. ^^ thanks....
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
BalasHapusNama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut